Rabu, 28 November 2012

Pelatihan dan Pendidikan Sumber Daya Manusia (SDM)

sumber daya manusia (SDM) merupakan elemen utama organisasi dibandingankan dengan elemen lain seperti modal, teknologi, dan uang sebab manusia itu sendiri yang mengendalikan semuanya. Membicarakan suber daya manusia tidak terlepas dari kegiatan - kegiatan atau proses manajemen lainnya seperti strategi perencanaan, pengembangan manajemen, dan pengembangan organisasi. Keterikatan antara aspek - aspek manajemen it sangat erat sekali sehingga sulit bagi kita untuk menghindari dari pembicaraan secara terpisah satu dengan yang lainnya.


Pengelolaan sumber daya manusia tidak hanya terpusat pada kegiatan seleksi, penempatan, pengupahan, pelatihan, transfer, promosi serta berbagai tindakan lainnya, yang fokusnya adalah pada kepentingan organisasi kerja. Tugas utama dari pengelolaan sumber daya manusia seringkali hanya mengusahakan agar personil dapat bekerja secara efektif. dalam artian yang luas pengembangan sumber daya manusia (SDM) terutama meliputi pendidikan dan pelathan, peningkatan kesehatan manusiawi, yang menyegarkan dalam organisasi, dan pertemuan ilmiah seperti seminar, simposium perlu untuk ditingkatkan.

ciri yang konkrit dari program pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan mutu unjuk kerja personil selalu berkembang, karena kebutuhan organisasi kerja dan masyarakat selalu berubah. Kekuatan potensial yang dapat menimbulkan perubahan adalah yang saling berkaitan. Pelatihan dan pengembangan SDM menjadi suatu keniscayaan bagi organisasi, karena penempatan karyawan secara langsung dalam pekerjaan tidak menjamin mereka akan berhasil. karyawan baru sering merasa tidak pasti tentang peranan dan tanggung jawab mereka. Permintaan pekerjaan dan kapasitaskaryawan haruslah seimbang melalui program orietasi dan pelatihan. Keduanya sangat dibutuhkan. Sekali para karyawan telah dilatih dan telah menguasai pekeraannya, mereka membutuhkan pengembangan lebih jauh untuk menyiapkan tanggung jawab mereka dimasa depan. Ada kecenderungan yang terus terjadi, yaitu semakin beragamnya karyawan dengan organisasi yang lebih datar, dan persaingan global yang meningkat, upaya pelatihan dan pengembangan dapat menyebabkan karyawan mampu mengembangkan tugas kewajiban dan tanggun jawabnya yang lebih besar.

Di tengah - tengah berbagai sumber kekuatan atau berbagai jenis potensi untuk program yang mengandung potensi untuk menimbulkan perubahan organisasi, maa hal yang terpenting yang bersumber dari peraturan dan program pendidikan dan pelatihan yang mampu berperan sebagai "pemicu" dalam perubahan organisasi atau percapaian tujuan yang telah ditetapkan.

Regards
Indismart Team

Tidak ada komentar:

Posting Komentar