Rabu, 05 Desember 2012

Pelatihan Pengembangan Sistem Konten E-Learning



Konten e-learning adalah istilah yang digunakan untuk sistem pembelajaran yang ditunjang dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), diperluas dengan memasukan komputer, perangkat mobile seperti seluler, PDA dan mp3 player. Pembelajaran berbasis web, hypermedia dalam blog, wiki, chat ujian berbasis komputer, animasi, simulasi, permainan, learning management software, electronic voting system, survey dengan kombinasi beragam metode yang digunakan.
Pengembangan konten e-learning sangat diperlukan untuk menunjang pembelajaran konvensional serta menyiapkan media untuk menciptakan lingkungan belajar yang fleksibel, mudah untuk diakses darimana saja dan kapan saja. Dengan sistem konten e-learning, peserta dapat mengikuti kelas serta ikut ujuan dari tempat bekerja atau tempat tinggalnya. Selain itu dengan media digital konten, bahan ajar konten e-learning dapat lebih diperkaya dengan menyediakan panduan teks, video dan audio, yang dilengkapi dengan simulasi dan animasi.
Sistem konten e-learning yang dimiliki suatu intitusi merupakan investasi yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki suatu lembaga atau perusahaan. Sistem ini dapat membantu menciptakan budaya belajar dengan mengajar yang fleksibel sesuai dengan perkembangan tuntutan kebutuhan pembelajaran oleh masyarakat luas. Sistem ini juga dapat meningkatkan kompetisi dan kompetensi SDM tanpa harus meninggalkan tugas – tugas yang di embannya.
Pelatihan pengembangan konten e-learning dan multimedia adalah pelatihan terintegrasi untuk mengembangkan sistem e-learning beserta kontennya (materi online dala bentuk panduan teks, foto, audio, dan video). Keberhasilan dalam pengembangan sistem e-learning ini merupakan usaha bersama yang melibatkan subjek-metter specialists, instructional designers serta information technologist, dengan dukungan penuh dari pengelola institusi. Oleh karena itu peserta pelatihan dari sebuah institusi diharapkan juga merupakan kombinasi dari beberapa unsur keahlian di atas.
Materi pelatihan akan mencakup pengantar perkembangan pendukung konten e-learning, filosofi, metode pembelajaran berbasis e-learning, ragam learning management system (LMS), penyiapan server, pengenalan webserver & sistem database, pengenalan webpage, pengenalan editor, instalasi, administrasi user, administrasi kursus, pembuatan konten multimedia berbasis prosedur, pembuatan konten multimedia berbasis SCORM/AICC.
 Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sumber manusia yang mampu untuk menyiapkan sistem konten e-learning serta membuat sistem multimedia untuk bahan pelajaran.


 Regards,
Team Indismart
www.indismart.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar