Selasa, 02 Oktober 2012

Batik untuk Semua

Pemerintah indonesia menetapkan hari ini sebagai Hari Batik Nasional. sebagai salah satu warisan budaya dunia yang lahir di negara Indonesia dan salahsatunya dengan cara memakai busana batik pada hari ini. Pemerintah menetapkan Hari Batik Nasional pada tahun 2009 yang ditetapkan keputusan presiden No.33 tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional.


Pemilihan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional, mengingat pada tanggal itu Badan PBB membidangi pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan (UNESCO) secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

Penetapan hari Batik Nasional sebagai langkah menyadarkan masyarakat indonesia supaya melindungi dan mengembangkan Batik Indonesia. Selain itu juga batik dibuat oleh usaha kecil sehingga semakin banyak orang membeli batik, membantu pengusaha batik yang memiliki skala usaha masih kecil.

Kesadaran memiliki busana batik serta melindungi dan membantu pengusaha lokal maka harus ada penyuluhan dari pemerintah Indonesia khusus bidang yang terkait. Penyuluhan ini sebenarnya bisa dengan gerakan memakai busana batik seperti yang sekarang dipakai, bisa juga pemimpin yang memulai dahulu untuk memakai busana batik, atau juga bisa dengan visualisasi pendidikan.

visualisasi pendidikan merupakan pendekatan yang paling cepat diterima oleh masyarakat Indonesia, karena mudah dipahami. Pendekatan ini bisa dicontohkan elearning visual pendidikan yang diterapkan baik secara online maupun offline. Bentuknya bisa animasi maupun gambar.

Akhirnya perlu dukungan dari pemerintah untuk bisa menyadarkan dan melindungi Batik serta membantu pengusaha Batik lokal. Dengan elearning visual pendidikan berbentuk animasi dapat membantuk masyarakat akan artinya Batik.

Regards,

Gerry Rachmadi
087722203366
www.indismart.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar